Rabu, 29 April 2015

Masakan – Masakan Thailand yang wajib kamu coba!


สวัสดีครับ, Masakan – masakan Thai memiliki ciri bumbu atau rempah yang sangat khas, ciri khas masakan Thai adalah rasa pedas dan penuh bumbu, namun dipadu dengan keseimbangan rasa manis, asin, masam, dan pedas.

Berikut ini masakan yang recommended banget untuk kamu, eits tapi lihat dulu keterangannya yaa, khususnya untuk umat muslim, karena ada yang halal dan tidak :



1. Tom Yum Gung
Ini dia hasil masakan Thai yang merupakan perwakilan dari seluruh makanan khas Thai, pastinya sudah gak asing dengan menu ini dong? karena banyak disediakan juga di Indonesia, Tom Yam! Ciri khas yang paling utama adalah komposisinya yang terdiri dari udang yang renyah, jamur, tomat, daun serai, lengkuas, sampai air perasan daun jeruk purut. Rasanya yang asam, asin, pedas dan segar ngebuat kamu pasti pengen lagi nyantap hidangan yang satu ini! Kalau di Thailand sendiri, Tom Yum bisa dipesan juga dengan campuran santan, mereka menyebutnya dengan Tom Yum Gung Nam Kohn. (Halal)

 
2. Gang Som Pak Ruam
Berjenis sup yang menggabungkan rasa manis, asam dan pedas ini dapat membangkitkan semangat kamu yang mencoba! Perpaduan wortel segar, daun kubis, dan kacang hijau ini biasa juga disajikan bersamaan telur dadar dan sayuran hijau khas Thailand. (Halal)


3. Gang Keow Wan
Menu ini mungkin lebih kita kenal dengan Kari Hijau Thailand. Campuran pasta kari hijau, rebung, irisan daging ayam, santan, daun basil, lengkuas, serai, hingga terong Thailand menjadikan kari ini terasa kaya akan rempah-rempah. Kari ini biasa dinikmatinya dengan sepiring nasi hangat, masakan ini menjadi salah satu makanan yang selalu dicari-cari oleh wisatawan lho! (Halal)

4. Panang Gai
Masih dari ranah kari Thailand, Panang Gai ini merupakan campuran pasta kari merah yang digoreng dengan suwiran daging ayam sebelum disirami santan. Rasa pedas dan esensi segar dari percikan air jeruk purut pada kari ini pasti akan ngebuat kamu melek! (Halal)

5. Gang Massaman
Makanan kari lainnya adalah Gang Massaman! Gang Massaman ini dominan terasa lebih manis dibanding kari lainnya. Saus karinya dibuat dari kombinasi pasta kari, santan, dan rasa yang kuat dihasilkan dari kacang, sedikit pala dan kayu manis yang ngebuat masakan ini sangat harum, Massaman juga biasanya dibuat dengan suwiran daging ayam dan potongan kentang, rasa santannya juga lebih terasa. Cocok banget buat kamu yang senang dengan masakan berbumbu pekat. (Halal)

6. Gai Pad Pongali
Berbahan dasar daging ayam, bawang, tomat, dan juga paprika, semuanya kemudian dicampurkan dengan pasta kari kuning. Teksturnya lebih halus dan kelebihan lain yang menjadikan hidangan ini spektakuler adalah dengan adanya telur yang langsung diretakkan di atas menu sehingga lebih mengental dan bercampur dengan bahan lainnya. kamu juga akan menemukan daun peterseli dalam porsi yang cukup banyak dalam masakan ini. Gai Pad Pongali nikmat bila disantap dengan nasi hangat, hmmm. (Halal)

7. Gang Jued
Jika menilik deretan makanan yang disajikan oleh negara Thailand, Gang Jued ini bisa dikatakan menjadi salah satu yang masuk dalam kategori makanan sehat. Mengapa demikian, jelas karena bahan dasarnya yang digunakan. Mulai dari wortel, kubis, bawang, tahu, soun, daging bacon yang dicincang halus, hingga daun peterseli segar membuat tampilan Gang Jued nampak seperti pelangi. (Tidak Halal)

8. Jim Jum
Mungkin kamu merasa asing mendengar masakan yang satu ini, Tampilannya pun lebih fantastis jika dibandingkan daftar sebelumnya. Menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat, Jim Jum merupakan kaldu aromatik terbuat dari daging bacon yang direbus bersamaan dengan kubis, telur, soun, dan daun basil khas Thailand. Semua bahan yang direbus bersamaan dalam pot tanah liat ini menghasilkan sup bergizi yang sangat sehat! (tidak Halal)

9. Kao Na Phet
Bebek panggang, jamuan daging yang satu ini merupakan spesialisasi di sebagian besar negara di Asia. Kao Na Phet adalah salah satu menu andalan dengan bahan dasar bebek, disajikan secara nikmat di atas piring, nasi dengan pilihan bagian daging bebek. Dilengkapi juga dengan sup bebek. (Halal)

10. Kai Jiew Moo Saap
Sudah sangat jelas dan mudah untuk dilakukan kebanyakkan orang, dadar telur. Masakan Thailand yang satu ini juga menggunakan dadar telur sebagai gaya memasaknya, rasanya lebih diperkaya dengan campuran kecap ikan dan daging bacon yang dicincang halus. Campuran telur ini kemudian ditambahkan ke atas nasi hangat, beeuuh mantap! (Tidak Halal)

11. Pad Thai
Pad thai merupakan salah satu makanan Thailand yang menjadi favorit bagi setiap turis asing yang berkunjung ke Thailand. Makanan ini terbuat dari mie yang dicampur bersama tauge, telur dan bawang. Dalam pembuatannya, makanan ini bisa terasa nikmat karena penggunaan bumbu yang menyertainya, seperti kecap ikan, bubuk cabai, gula dan juga kacang tanah. Saat pertama mencicipinya, dijamin Kamu pasti akan merasa ketagihan untuk kembali mencobanya. (Halal)

12. Gaeng Daeng
Jika Pad Thai adalah makanan yang berbahan dasar mie, maka Gaeng Daeng memiliki bahan yang lain. Makanan yang satu ini dibuat dari potongan daging sapi, santan halus, pasta kari merah dan ditaburi dengan jeruk nipis. Makanan ini memiliki cita rasa yang begitu aromatik, sehingga dapat menggugah selera kamu yang mencicipinya! (Halal)

13. Pad Mama
Masakan yang paling umum yang dapat disajikan dengan makanan lain adalah Pad Mama, Pad Mama dapat disajikan sebagai sarapan, makan siang, makan malam ataupun makanan ringan, mudah dan sangat cepat untuk disajikan, Pad mama berupa mie pada umumnya seperti mie di Indonesia, tetapi di Thailand sana Mama adalah salah satu merk mie instan. (Halal)


14. Som Tam
Hidangan yang satu ini dibuat dari pepaya parut yang ditumbuk. Berdasarkan variannya, Som Tam dibedakan menjadi tiga jenis, yakni som tam menggunakan bahan dasar kepiting hitam asin, som tam plara yang dibuat dari ikan gurame asin, kecap asin, kacang panjang dan terong putih, dan juga som tam thai yang terbuat dari kacang tanah dan ebi. (Halal)

Walaupun semuanya disebut masakan Thai, di Thailand terdapat empat jenis masakan daerah yang berasal dari empat daerah utama: Thailand Utara, Thailand Timur Laut (masakan Isan), Thailand Tengah, dan Thailand Selatan. Masing-masing masakan daerah mendapat pengaruh dari masakan Cina dan masakan negara-negara tetangga. Tidak seperti kari khas Thailand yang menggunakan rempah-rempah segar, kari Thailand Selatan memakai rempah-rempah kering yang digoreng seperti kari India. Ciri khas lain masakan Thailand Selatan adalah pemakaian santan dan kunyit segar. Mayoritas penduduk Thailand Selatan beragama Islam. Masakan Thailand Selatan mirip dengan masakan India. Masakan Thailand Timur Laut (Isan) sering memakai perasan limau, dan sangat dipengaruhi oleh masakan Laos. Sebagian besar makanan Thai yang dikenal sekarang merupakan adaptasi dari masakan Cina yang diperkenalkan di Thailand oleh orang Tio Ciu yang merupakan mayoritas orang Cina-Thai.

Berikut rekomendasi buat kamu kalau ingin mengetahui lebih banyak makanan Thai http://www.gobangkok.asia/best-thai-food/
ขอบคุมาครั (Khob Khun Mak Khap) atas kunjungannyaaa, selamat hunting dan mencicipi masakan Thailand, สวัสดีครั(Sawaddi-Khap)

1 komentar: