Minggu, 03 Mei 2015

Aneka Ragam Bentuk Lure dan Kegunaannya

Salam strike sobat Angler!! Setelah postingan yang lalu kita bahas tentang tipe lure dan bagaimana teknik memakainya dengan benar, kali ini kita akan tambahkan informasi yang lebih mendetail lagi tentang bentuk-bentuk lure, biar para Angler ga salah memilih sekarang yuk kita liat apa aja macamnya.

Lures permukaan: (Topwater)Tidak ada yang lebih menarik selain melihat ikan menyerang dari permukaan. Umpan permukaan bekerja baik terutama ketika ikan dangkal dan suhu air 60 derajat atau lebih hangat. Air harus relatif tenang jika tidak ikan tidak akan melihat lure. Jam terbaik memakai lure untuk ikan permukaan umumnya pagi dan sore hari bahkan sampai malam hari. Untuk pilihan warna sebaiknya berwarna hitam, karena cocok pada semua jenis air jernih, bernoda atau gelap. Hitam memberikan siluet terbaik terhadap langit sehingga ikan akan melihat naik ke permukaan air. Warna lain akan bekerja dengan baik tergantung pada hijauan dalam sistem air seperti Orange / Kuning untuk Perch, Hijau / Putih untuk Katak, dan putih / biru / Chrome untuk Shad dan Shiners.
Crawlers
Fishing Tackle & Crankbaits
Crawler menghasilkan plopping / gemericik suara, digunakan pada air yang tenang. crawler yang sebelah kiri dikenal sebagai  crawler "menjalar", memiliki sayap yang dipasang di sisinya dan akan terlihat berenang di air. crawler yang sebelah kanan memiliki pelat muka besar dan akan membuat crawler ini bergerak bolak-balik di permukaan.

Chuggers
Fishing Tackle & Crankbaits
Chuggers memiliki cangkir menjorok di wajahnya, sehingga akan menyentak di permukaan air dan menghasilkan percikan suara air. lure ini menjadi favorit para pemancing bass selama bertahun-tahun. 
Center Rotating Blade
Fishing Tackle & Crankbaits
Umumnya di ketahui bernama Globe, lure ini telah menjadi favorit bagi pemancing ikan muskie selama bertahun-tahun. Pisau plat yang berada dileher akan berputar dan menghasilkan jejak gelembung.

Rotating Tail
Fishing Tackle & Crankbaits
Bagian ekor dari lure ini akan berputar dan  menghasilkan suara gemercik air dari pisau yang terpasang diatasnya. cocok digunakan pada air yang tenang. Umumnya digunakan untuk memancing ikan muskie. 
Surface Wobbler
Fishing Tackle & Crankbaits
lure ini memiliki permukaan bersendi yang menciptakan suara gemercik air, ekor lure akan bergoyang-goyang di air. cocok untuk digunakan pada air yang tenang. 

Propeller
Fishing Tackle & Crankbaits
Propeller memiliki alat berbentuk plat pada hidung dan ekor, lure ini membuat dengungan di air dan memicu ikan agresif untuk makan. lure ini juga dikenal sebagai Propbait atau Topper Bait.

Stickbait
Fishing Tackle & Crankbaits
Stickbait tidak memiliki bibir atau baling-baling, dan juga tidak dibuat untuk membuat goyangan didalam air. Pemancing harus bisa membuat teknik jika menggunakan lure ini, yaitu dengan cara menarik pelan-pelan dan menggerak-gerakan lure di permukaan.

Flaptail
Fishing Tackle & Crankbaits
Flaptail memiliki plat di ekor yang membuat tamparan di air sehingga menghasilkan plopping atau gemercik dan gelembung air. biasa digunakan pada air yang tenang.



Fishing Tackle & CrankbaitsLures bawah permukaan (Diving, Mengambang, Sinking)Ada dua kategori lure bawah permukaan, yaitu mengambang dan tenggelam. Yang pertama adalah lure menyelam, plastik dan bibir logam terpasang di mulut yang menjadi ciri khas jika ingin membedakan dengan jenis lure yang lain, selain itu lure menyelam ini juga bisa menyelam berdasarkan desain tubuh seperti menangkup, menunjuk kepala atau dahi melengkung rata, semua bergerak dari sisi ke sisi saat lure melakukan perjalanan di air, umumnya dikenal sebagai crankbaits. Yang kedua diklasifikasikan sebagai glider, jerkbaits dan berkedut. lure akan menarik hasrat ikan di setiap jenis air. lure ini berciri khas dengan plastik berada di bawah dan bibir logam berada di mulut, lure ini akan membuat dirinya berada bada pertengahan air,. Yang ketiga adalah lure dengan memiliki ciri khas plastik yang berbentuk seperti sepatu high heels. dengan bentuk seperti itu akan membuat lure berada di permukaan dan pertengahan air.

Floating Minnow (Crankbait)
Fishing Tackle & Crankbaits
Ini adalah jenis yang paling populer dan serbaguna yang dirancang untuk meniru baitfish bertubuh tipis. Untuk umpan dangkal berjalan pada 1-3 kaki sebagai pelampung yang ini akan menjaga kedalaman dangkal. Pemancing yang menggunakan midrange menjalankan umpan memiliki beberapa pilihan.Untuk trolling menggunakan lip midrange off, dsb.
 
Floating Shad/Perch (Crankbait)
Fishing Tackle & Crankbaits
Mirip dengan gaya minnow mengambang. lure ini bertengger dengan gaya tubuh yang lebih luas atau gemuk. Terbuat dari kayu balsa dan plastik berongga dengan ruang internal yang keluar.

Floating Lipless (Crankbait)
Fishing Tackle & Crankbaits
Rangkaian lure yang ditampilkan di atas telah dilakukan selama bertahun-tahun, berjangka waktu diuji dan masih hari ini menangkap banyak ikan. Desain tubuh memikat untuk menyelam didasarkan pada menangkupkan, atau dahi melengkung rata, semua memiliki gerak goyangan saat lure melakukan perjalanan di air.
Vibrating (Crankbait)
Fishing Tackle & Crankbaits
Lure bertubuh kurus tidak memiliki bibir menyelam dan yang melekat pada garis dengan mata di atas kepala, sehingga menghasilkan gerak ketat. Semua lure bergetar memiliki ruang internal yang diisi dengan vibrator untuk menghasilkan getaran. Kebanyakan tenggelam saat ditarik tetapi mengapung pada saat istirahat.
Sinking (Crankbait)
Fishing Tackle & Crankbaits
Juga dikenal sebagai countdown berbobot dan tenggelam horizontal.

Neutrally Buoyant (Crankbait)
Fishing Tackle & Crankbaits
Juga disebut sebagai menangguhkan. lure ini dirancang menggunakan sistem berat internal untuk mencapai daya apung netral.

Floating (Trolling Plugs)
Fishing Tackle & Crankbaits
lure Ini dirancang untuk pemancing melakukan trolling pada teknik memancing, untuk lure yang berada di bawah memiliki ekor yang bisa bergoyang-goyang yang akan menghasilkan ikan menjadi agresif untuk makan.

Floating (Jerkbait)
Fishing Tackle & Crankbaits
berbentuk memanjang dan  besar. lure ini mengapung saat istirahat dan menyelam ketika diberi tarikan kuat. Banyak memiliki ekor logam yang bisa ditekuk untuk mengubah gerakan dan kedalaman.

Sinking (Gliders & Twitch)
Fishing Tackle & Crankbaits
Glider dan Twitch umpan yang lipless dan tenggelam, tgerakan lure akan memberikan kedutan yang memberikan gerakan tidak menentu, naik turun sisi ke sisi.

Creatures
Fishing Tackle & Crankbaits
Lure seperti ini biasa digunakan di air tawar, diergunakan untuk ikan-ikan yang memakan udang, katak, ular air, berenang tikus, amfibi dan serangga. Foto di atas menunjukkan jenis-jenis bentuk lurenya.

Sumber : http://learninghowtofish.com/fishing-equiptment/fishing-plugs-crankbaits/

1 komentar: